Tips Aman Berkendara saat Musim Hujan Tiba

Berkendara sudah selayaknya harus hati-hati dan menggunakan safety yang tepat. Sebab dijalanan banyak bahaya yang selalu mengintai, apalagi ketika musim hujan kecelakaan menjadi rawan.

Berdasarkan data dan fakta hujan merupakan faktor alam yang menjadi salah satu pemicu terjadinya kecelakaan. Biasanya banyak orang yang kurang waspada dan kurang siap untuk menghadapi kondisi alam ini. Baik mobil atau motor harus selalu waspada ketika berkendara disaat hujan turun.

Untuk mencegah terjadinya sesuatu hal yang tidak diinginkan saat hujan turun, berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan.

1. Kondisi Fisik Prima
Kala tubuh sedang capek atau kurang fit sedangkan musim memasuki waktu penghujan sebaiknya kamu tidak memakai kendaraan bermotor saat bekerja atau melakukan aktifitas lainnya. Jika kamu paksakan hal ini dapat mengurangi reflek dan kemampuan berkendara kamu. Alangkah baiknya menggunakan kendaraan umum terlebih dahulu atau diantar jemput.

2. Jangan tergesa-gesa
Orang biasanya akan memacu kendaraannya ketika waktu akan hujan. Hal ini dapat membuat seseorang menjadi kurang waspada dan berkosentrasi sehingga memungkinkan terjadinya kecelakaan.

3. Memakai jas hujan
Jangan lupa persiapkan jas hujan ketika memasuki musim penghujan. selain dapat melindungi diri dari air agar tidak basah, kondisi ini akan tetap membuat tubuh anda menjadi rileks. Hal terbaiknya mengindari kamu dari terserang penyakit seperti flu dan masuk angin.

4. Sepatu tahan air
Dengan menggunakan sepatu anti air dapat membuat kaki menjadi tetap hangat sehingga kamu tetap tenang dalam berkendara.

5. Cek Kondisi ban
Jalanan yang terguyur air hujan akan menjadil lebih licin dari biasanya. Sebaiknya kamu cek terlebih dulu kondisi ban apakah masih bagaus atau tidak, sebelum berkendara di waktu hujan.

6. Cek rem
Untuk berjaga-jaga selalu cek kondisi rem. Hal ini berlaku ketika musim hujan atau musim kemarau. Sebab rem merupakan alat satu-satunya yang dapat mengurangi kecepatan yang tinggi menjadi rendah atau berhenti.

7. Pastikan lampu utama menyala
Lampu menyala ketika hujan bukan merupakan pajangan yang tidak berguna. Lampu menyala kala hujan berfungsi untuk memberi tanda pada pengendara lain ketika akan melintas, sehingga kecelakaan dapat terhindari.

8. Waspada genangan air
Saat melintasi jalanan dan terdapat genangan air, sebaiknya hindarilah sebab itu sulit diterka. Jalanan yang terdapat genangan air itu menandakan jika disitu permukaannya tidak rata atau bisa dipastikan ada lubang. Tentunya kita tidak tahu seberapa dalam lubang itu, maka dari itu sebaiknya hindarilah.

9. Hindari gundukan yang tinggi
Ketika melintasi jalanan dan terdapat banyak gundukan alangkah baiknya dihindari. Namun kalau tidak bisa sebaiknya kurangi kecepatan kamu. permukaan yang tidak rata pada jalan dapat mengurangi traksi ban pada jalanan sehingga memungkinkan kendaraan tergelincir.

10. Jangan memakai masker atau penutup mulut lainnya
Kain yang basah dan digunakan untuk menutupi wajah dapat mengganggu pengendara saat terjadinya hujan. Sebab udara oksigen akan terganggu olehnya sehingga membuat pengendara kesulitan untuk bernafas. Jangan karena gaya kamu abaikan keselamatanmu.

11. Amankan Dokumen dan alat elektronik lainnya
Agar pikiranmu tenang sebaiknya amankan terlebih dahulu ponsel dan STNK kendaraan. Bisa gunakan plastik atau dimasukan di tas yang terdapat penutup anti airnya.

12. Helm anti embun
Saat hujan tiba biasanya pada helm pengendara bermotor akan timbul embun yang dapat mengurangi pandangan pengendara. Hal ini sangat berbahaya sekali jika tidak segera dibersihkan. Agar kamu tidak repot untuk membersihkan saat berkendara sebaiknya pakailah helm yang anti embun

13. Berteduh
Jika kamu belum mempersiapkan apa-apa kala menghadapi hujan sebaiknya kamu berteduh terlebih dahulu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Jangan memaksakan diri jika hujan lebat dan angin kencang.

14. Waspadai tikungan
Ingat penjelasan sebelumnya jika waktu hujan jalanan akan lebih licin dari waktu bisanya. Sebaiknya kurangi kecepatan kamu saat ditikungan untuk mengindari tergelincirnya kendaraan.

15. Jangan rem mendadak
jangan coba-coba melakukan rem mendadak dikala hujan sedang tiba. Hal ini dapat berakibat fatal dan mengancam keselamatan kamu. Rem berguna untuk mengurangi laju roda ban, namun jika permukaan jalan dalam kondisi basah maka cengkraman ban dengan jalan akan menurun.

16. Waspadai percikan air
Percikan air yang mengenai pengendara dapat menggangu kosentrasi pengendara. Biasanya sih orang yang terkena percikan ini akan emosional sehingga akan memacu kendaraan lebih kencang. Bahayanya lagi jika sampai kena mata, pandangan bisa jadi terganggu.

KOMENTAR