Kurang Tidur Bisa Picu Pembesaran Ukuran Lingkar Pinggang

kurang tidur bikin obesitas
kurang tidur bikin obesitas

Salah satu pesan dokter untuk menjaga kesehatan tubuh ialah dengan tidur secara cukup. Selain itu kurang tidur ternyata bisa berdampak juga terhadap ukuran lingkar pinggang.
Dikutip dari Daily Mail, baru-baru ini ada penelitian yang menyebutkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan obesitas sehingga hal ini memperngaruhi ukuran pinggang.

Temuan penelitian itu menenggarai bahwa orang yang tidur rata-rata 6 jam dalam semalam memiliki ukuran pinggang yang 3 cm lebih besar daripada mereka yang tidur rata-rata 9 jam semalam.

Selain dari itu orang yang kurang tidur dapat mengurangi jumlah kolestrol baik pada tubuh. Kolestrol baik memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan jangtung. Bisa ditebak orang yang kurang tidur bisa terkena serangan jantung lebih besar.

Dr. Laura Hardie dari Unversity of Leeds, Inggris, selaku penulis penelitian itu mengatakan, “Kami mendapati bahwa orang-orang dewasa yang tidur lebih singkat daripada sejawat mereka lebih berkemungkinan mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, temuan kami menekankan pentingnya cukup tidur.”

“Banyaknya waktu tidur berbeda di antara orang-orang, tapi sekarang ini rentang waktu istirahat 7 hingga 9 jam merupakan yang terbaik bagi mayoritas orang dewasa.”

Para peneliti tidak mau menebak-nebak mengapa hal itu bisa menyebabkan obesitas. Namun ada beberapa penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa kurang tidur menyebabkan kelebihan kandungan hormon ghrelin yang beredar dalam tubuh. Hormon ini berkaitan dengan nafsu makan seseorang.

KOMENTAR