Kuda Delman yang Sedang Kelelahan Terus dicambuk Pemiliknya

Sedang viral sebuah video yang menunjukan kuda delman yang sedang jatuh kelelahan mendapatkan perlakuan kejam dari sang pemiliknya. Sang pemilik terus mencambuknya meskipun sang kuda sudah tidak sanggup berdiri lagi.

Video yang sedang viral itu berdurasi 1 menit, dalam video itu menunjukan kuda delman yang sudah terkapar kelelahan dan tidak sanggup jalan lagi.

Tahukah kamu bahwa kuda binatang yang sangat kuat, dan bahkan bisa tidur dalam kondisi berdiri karena memiliki tulang kaki yg mengunci. Apa yg sedang terjadi apabila kuda sampai terjatuh? Sama halnya seperti manusia, sekuat apapun apabila dipaksa kelelahan bisa saja sakit, pingsan dan terjatuh. Kemungkinan besar kuda ini tak hanya sedang lelah tapi juga sedang sakit. Seharusnya pemiliknya memperhatikan kebutuhan si kuda, masa udah dibantu cari duit, tp dipiaranya ga baik? Kita ini manusia bukan? Hal-hal seperti ini yang membuat kami mendesak pemerintah untuk merevisi uu perlindungan satwa. Agar hal-hal seperti ini tidak terjadi lagi. Pelaku penyiksaan, penelantaran pada hewan dapat terkena sanksi keras. #Repost @infia_fact (@get_repost) ・・・ Karena kelelahan dan lemah, kuda yang dipakai untuk delman ini tiduran dan tidak bersedia melanjutkan perjalanan. Namun, sang kusir terlihat memecut kudanya agar segera berdiri untuk melanjutkan perjalanan. . Warta yang melihat pun menyarankan kepada sang kusir untuk segera istirahat, namun justru tidak digubris. Bahkan, warga yang akan memberi minum dilarang oleh sang kusir. Kejadian ini sendiri terjadi di Citayam, Depok, Jawa Barat. . Kasihan kudanya..🐴🐴 Video: Facebook/Eris Riswandi

A post shared by GardaSatwaIndonesia (@gardasatwaindonesia) on

Entah apa yang sedang dipikirkan sang pemiliknya, ia tetap mencambuk dengan kejam kuda itu. Padahal sudah diperingatkan oleh orang lain jika kuda miliknya itu kelelahan.

“Tahan dulu, tahan dulu. Ngedrop dia,” ucap pria yang mencoba menasehati sang pemilik delman

walau sudah diberi nasehat tampaknya sang pemilik kuda tetap tidak menghiraukannya dan terus mencambuk kuda tersebut. Bahkan dalam video itu ada orang yang merasa kasihan dengan sang kuda, kemudian mencoba memberinya minum namun dilarang sama pemiliknya.

Kuda tersebut terus mencoba berdiri walau sudah kelelahan dan akhirnya bisa berdiri lagi, namun sang pemilik tetap mencambuknya. Peristiwa itu terjadi di kota Citayam, Depok, Jawa barat.

Atas beredarnya video itu, sang pemilik kuda mendapatkan kecaman keras dari pemerhati satwa indonesia. Menurut pemerhati satwa, apa yang dilakukan sang pemilik kuda tergolong sadis dan tidak ada rasa belas kasihan. Atas tindakannya itu, Garda Satwa Indonesia mengingatkan bahwa penyiksaan ke hewan bisa berujung sanksi keras.

“Hal-hal seperti ini yang membuat kami mendesak pemerintah untuk merevisi UU perlindungan satwa. Agar hal-hal seperti ini tidak terjadi lagi. Pelaku penyiksaan, penelantaran pada hewan, dapat terkena sanksi keras,” tulis Garda Satwa Indonesia di akun Instagram-nya.

Ternyata kecaman itu juga datang dari Jakarta Animal Aid Network (JAAN). Padahal JAAN terus berusaha mengedukasi para pemilik delman untuk lebih memperhatikan kuda peliharannya ketimbang rasa egois yang berujung seperti video ini. Walau sudah diedukasi namun kejadian serupa terus terulang terjadi.

“Kami mengecam tindakan ini dan sangat berharap pemerintah untuk MELARANG kuda andong/delman agar penderitaan ini berakhir!” tulis JAAN diakunInstagram.

KOMENTAR