Kapal Perang Bersejarah ditemukan Setelah 72 Tahun Hilang

Sebuah kapal perang asal Amerika Serikat USS Indianapolis tenggelam saat dibomb bardir oleh kapal selam Jepang pada akhir perang dunia II. Setelah sekian lama tenggelam sejak diserang oleh Jepang kini kapal tersebut berhasil ditemukan.

Kira-kira sudah hampir 72 tahun sejak kapal itu tenggelam. Kapal tersebut ditemukan oleh tim peneliti sipil yang dipimpin oleh pendiri Microsoft, Paul Allen. Allen menemukan kapal bersejarah tersebut pada Jumat (18/8/2017) di kedalaman Samudra Pasifik. Sekitar 18.000 kaki di bawah permukaan laut.

Dalam sebuah sejarah, USS Indianapolis tenggelam dalam waktu 12 menit setelah menerima hantaman torpedo dari kapal selam Jepang. Sebelum kapal itu diserang ternyata Indianapolis baru saja menyelesaikan misi rahasia yang mengantarkan komponen bom atom yang digunakan di Hiroshima yang mengakhiri perang di Pasifik.

Dari serangan tersebut banyak sekali pelaut dan marinir tewar. Dari 1.196 hanya 316 yang selamat dan sisanya ikut tenggelam bersama kapal, menyerah pada paparan matahari, dehidrasi, tenggelam, dan serangan hiu. Hingga saat ini pelaut yang masih hidup tinggal 22 orang saja.

Allen nekat melakukan pencarian sampai berhasil menemukannya dengan alasan untuk menghormati para pemberani yang telah menjadi korban pada malapetaka itu dan para keluarganya.

“Untuk menghormati orang-orang pemberani di USS Indianapolis dan keluarga mereka, penemuan kapal yang memainkan peran penting dalam mengakhiri Perang Dunia II ini benar-benar menyejukkan hati,” kata Allen.

KOMENTAR