Inilah Macam-macam Murai Batu Wajib diketahui Pecinta Burung

Murai batu adalah salah satu burung kicau yang sangat digemari masyarakat indonesia. Bentuknya yang bagus dan suara yang nyaring nan merdu membuat burung ini banyak di gemari dan sering dikonteskan.

Burung ini memiliki banyak macamnya. Sehingga banyak pemula pecinta burung yang tidak tahu dan kurang paham untuk membedakannya. Karena hal tersebut banyak orang jahat yang memanfaatkan kesempatan itu.

Agar terhindar dari kejahatan jual beli burung murai batu, kami akan jelaskan macam-macamnya yang wajib diketahui bagi para pemula.

1. Murai Batu Medan

Murai batu medan memiliki empat pasang bulu putih strip hitam di pola ekornya. Untuk panjang ekor sekitar antara 14cm – 27cm. Murai Batu jenis ini di angap Murai yang lebih baik dari jenis Murai yang lainya dilihat dari segi ekor dan suara.

2. Murai Batu Aceh

Dalam segi suara tidak kalah bagusnya dengan burung Murai Batu Medan. Burung Murai Batu Aceh mempunyai suara kicauan yang dikeluarkan kebanyakan panjang dan juga bervariasi serta ngerool hingga di akhiri dengan suara tembakan yang khas.

Burung murai batu aceh punya postur tubuh yang kecil di bandingkan dengan burung murai batu medan. Bukan itu saja bentuk postur tubuhnya lonjong seperti botol. Walau postur tubuh kecil, akan tetapi memeliki mental tempur yang bagus.

3. Murai Batu Lahat

Murai batu lahat memiliki bentuk badan kecil namun panjang.Lebih kecil dibandingkan dengan murai batu medan dan aceh. Bentuk badan mirip seperti botol yang sedikit memajang ideal.

Murai batu lahat memiliki panjang ekor berkisar 20 sampai 24 Cm saja, lebih pendek dibanding murai batu medan.

4. Murai Batu Jambi

Murai Batu Jambi keberadaannya kurang populer diantara Murai Batu jenis lainnya. Kurangnya informasi tentang burung inilah yang membuat ketidak populerannya.

Murai Batu Jambi memiliki ciri-ciri fisik yang tak banyak berbeda dengan Murai Batu jenis lain khas Pulau Sumatera. Dibagian bulu di dominasi oleh warna hitam. Bagian dadanya, berwarna cokelat keemas-emasan. Kemudian disusul oleh sedikit warna putih tepat di bagian pangkal ekor. Sedangkan ekornya sendiri bulunya berwarna hitam biasa. Untuk panjang ekor burung ini terbilang pendek yakni 10 cm sampai 16 cm saja.

5. Murai Batu Jawa

Burung murai batu jawa tergolong memiliki kualitas suara kicauan rendah dan Masih kalah merdu dengan Murai batu asal Pulau sumatera. Burung ini banyak di temukan di daerah pulau jawa, kususnya di jawa timur. Ukuran badannya relatif kecil dan pendek, sangat kalah jauh dengan ukuran badan asal sumatera dan kalimantan. Murai batu jawa lebih dominan memiliki warna hitam kecoklatan dari mulai dada sampai menyebar ke bagian pangkal paha. Inilah ciri khas yang paling menonjol dari murai batu jawa

6. Murai Batu Kalimantan atau Borneo

Burung ini memiliki ekor yang pendek berkisar antara 8 hingga 13 cm. Sering membusungkan dada jika akan bertarung. Suaranya kurang jernih atau kurang mengkristal. Warna bulu di bagian dada Murai Batu kalimantan adalah: coklat kekuning-kuningan dan biasanya lebih cerah. Ekor Murai Batu kalimantan biasanya memiliki kemiripan panjang, antara yang putih dan yang hitam.

7. Murai Batu Nias Raja

Burung murai batu nias raja juga memiliki banyak ciri khas yang sangat mudah untuk kita kenali. Untuk masalah kualitas kicauan jangan di ragukan, sebab suara kicauannya lantang dan nyaring. Untuk menandai jenis murai batu nias raja, kita bisa melihat dari warna bentuk ekor yang khas akan warna dominan hitam legam dan tidak memiliki warna corak lain seperti warna putih.

8. Murai Batu Lampung

Murai Batu Lampung terkenal dengan warna bulu yang hiram pekat dan dan dada kuning agak coklat sedikit tua. Walau masih kalah pamor dengan murai batu sumatera lainnya jika perawatan yang benar bisa kok jadi burung kicau yang bagus. Untuk panjang ekor burung ini terbilang cukup pendek yakni hanya sekitar 15 cm.

Itulah delapan murai batu yang paling sering dijual dipasaran Indonesia, Meskipun sebenarnya ada lagi Murai Batu asal negara tetangga seperti Malaysia, Thailand dan Filipina. Namun pembeda secara jelas dari Murai Batu ialah dari ekor, warna bulu di dada dan ukuran bentuknya.

Semoga apa yang kami tulis bermanfaat bagi kamu semua

KOMENTAR