inilah macam-macam gula yang ada di indonesia

Gula merupakan bahan pemanis alami yang dapat membuat makanan atau minuman bertambah menjadi lebih nikmat. Karena saking manisnya gula biasanya akan dihinggapi semut jika penyimpananya kurang rapi. Hal ini seperti layaknya pepatah “ada gula ada semut”.

Gula memiliki berbagai bentuk dan jenis. Di indonesia sendiri banyak sekali macam-macam jenis gula. Gula yang dibuat itupun juga memiliki bahan yang berbeda tentunya, walau berbeda namun tetap satu tujuan yakni menjadi pemanis.

Buat kalian yang belum tahu dengan banyak tentang gula pasti akan kebingungan menyebutkan macam-macam gula yang sering beredar dipasaran. Agar kamu tidak bingung diartikel kali ini kami akan menjelaskan macam gula yang beredar dipasaran indonesia.

Baca juga: Cokelat paling enak di dunia

Inilah macam-macam gula yang ada di indonesia dan banyak digunakan masyarakat luas pada umumnya.

1. Gula Batu

gula yang dibuat dari gula pasir, yang dikristalkan, melalui bantuan air yang dipanaskan hingga mencapai kondisi jenuh dan lalu menjadi dingin. Gula batu pertama kali dibuat di Iran pada abad ke 9 masehi.

2. Gula pasir

Gula pasir merupakan bahan baku masakan yang terbuat dari sari tebu dan dikristalkan membentuk serbuk-serbuk seperti pasir. Berbeda dengan gula halus, gula pasir mempunyai butiran-butiran yang lebih kasar. Gula pasir memiliki rasa yang manis dan mudah larut dalam air terutama air panas. Gula pasir umumnya berwarna putih kekuningan atau sedikit coklat. Gula pasir didapatkan dari ekstraksi sari tebu yang dikristalkan. Gula pasir tidak mempunyai aroma tetapi berbau harum ketika diolah menjad karamel.

3. Gula Aren atau Gula Merah

pemanis yang dibuat dari nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau. Gula aren biasanya juga diasosiasikan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan.

4. Gula semut

Gula merah versi bubuk dan sering pula disebut orang sebagai Gula Kristal. Dinamakan gula semut karena bentuk gula ini mirip rumah semut yang bersarang di tanah. Bahan dasar untuk membuat gula semut adalah nira dari pohon Kelapa atau pohon aren (enau). Karena kedua pohon ini masuk jenis tumbuhan palmae maka dalam bahasa asing, secara umum gula semut hanya disebut sebagai Palm Sugar atau Palm Zuiker.

5. Gula Maltosa

Merupakan hasil fermentasi tepung beras atau gandum yang telah mengalami perendaman, pengeringan, pemanganggan dan penggilingan. Bentuknya seperti madu,
kental dan rasanya lebih manis dari madu.

KOMENTAR