Es Krim Anti Leleh ditemukan oleh Ilmuwan Jepang

es krim anti leleh Kanazawa Ice 1
es krim anti leleh Kanazawa Ice 1

Pada umumnya es krim sangat mudah sekali mencair. Bahkan saat akan kita santap sudah mencair duluan. Namun di Jepang telah ditemukan Es krim anti leleh yang membuatnya dapat bertahan lama untuk dinikmati.

Inovasi Es Krim anti leleh ini ditemukan oleh peneliti dari Biotheraphy Development Research Center Co di Kanagawa, Jepang. Penemuannya pun secara tidak terduga.

Penemua bermula ketika seorang koki pastry membuat kembang gula dari bahan polifenol yang diekstrak dari buah stroberi. Tapi, cairan itu mengental tiap kali dicampur dengan krim susu. Menurut sang koki, adonan itu menjadi sangat keras dan tidak cocok dipakai sebagai bahan kembang gula yang lembut.

Dari hasil kreasi sang koki para ilmuwan lantas menemukan ide cemerlang untuk membuat es krim. Mereka memakai cairan polifenol sebagai bahan campuran es krim agar tak meleleh dalam waktu singkat.

“Cairan polifenol memiliki kandungan yang mengikat air dan minyak lebih kuat. Jadi, es krim yang mengandung cairan itu akan tetap beku dalam waktu lama,” tutur Tomihisa Ota, seorang peneliti dari Kanazawa University

Es krim anti leleh inipun diberi nama Kanazawa Ice. Para penemu mengklaim jika es ini sanggup bertahan tidak mencair meski berada di bawah terik matahari selama tiga jam.

KOMENTAR