Bahaya Menelan Permen Karet, Harap Waspada

Permen karet memiliki rasa yang manis dan bisa untuk aktivitas kunyah membuat permen ini disenangi bagi sebagian orang baik anak-anak ataupun dewasa. Namun tahukah kamu bahayanya jika permen karet sampai tertelan?.

Permen karet memiliki tektur yang amat lengket, bahkan ada yang menyebutkan jika sampai tertelan permen karet dapat menempel pada usus dan susah untuk dicerna. Komposisi permen karet yang terdiri dari pewarna, gula atau pemanis buatan, pewangi buatan, lemak, lilin, resin, serta elastomer dan emulsifiers serta kandungan zat adiktif. Dari bahan pembuatan itu dapat disimpulkan jika permen karet kurang baik dikonsumsi setiap hari, apalagi sampai tertelan.

Namun bagaimana jika tertelan tidak sengaja? Mungkin peristiwa ini sering dialami oleh anak-anak yang gemar mengkonsumsinya. Baik sengaja atau tidak sengaja menelan permen karet sangat berbahaya.

Apabila permen karet sampai tertelan organ yang pertama kali mendapatkan dampak buruk ialah Hati. Saat permen karet tertelan, maka organ hati harus bekerja ektra keras untuk menetralisir bahan kimia yang ada pada permen, jika hati tidak melakukan itu bisa terjadi alergi pada tubuh. Jika permen karet bisa sampai perut maka asam pada lambung akan memisahkan kandungan pelembut layaknya gliserin dan minyak peppermint. Sebelum akhirnya permen itu masuk ke usus besar lalu di buang saat buang air besar.

Permen karet yang tertelan biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 25 hingga 26 jam untuk dapat dikeluarkan dari tubuh. Namun ada beberapa kasus permen karet yang tidak bisa diurai oleh tubuh sehingga tidak mencapai pada perut. Hal inilah yang paling berbahaya, jika sampai terjadi maka tubuh bisa mengalami infeksi yang memicu kenaikan suhu badan dan tekanan darah.

Jika sampai mengalami demikian alangkah baiknya untuk segera dibawa kerumah sakit untuk mendapatkan pertolongan pertama. Jika sampai terlambat tubuh orang yang menelan permen karet akan mengalami alergi yang hebat akibat organ hati yang tidak sanggup mengurai zat kimia permen karet.

Buat kamu yang suka mengkonsumsi permen karet ada baiknya untuk lebih waspada, usahakan jangan sampai tertelan. Jangan berikan kepada anak kecil yang belum cukup umur. Jagalah kesehatanmu dengan baik.

KOMENTAR
SHARE
Previous articleResep Sate Padang yang Enak dan Lezat